• banner-1.jpg
  • banner-2.jpg

IISMEX 2016

Smart City Perlu Masyarakat Cerdas

 

“Pelibatan swasta mestinya tidak hanya mewujudkan kota yang smart saja tapi juga yang berkelanjutan. Kota harus mendayagunakan modal dan kapasitas, bisa dengan melakukan pengembangan kawasan dan penerapan teknologi, dan menggerakkan manusia untuk bersama-sama mengembangkan kotanya,” kata Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Imam S. Ernawi, dalam talkshow Spirit Bisnis yang siarkan langsung oleh Bloomberg TV Indonesia, Jumat (27/3).

Angin segar Smart City sudah ditiupkan beberapa kepala daerah, misalnya Walikota Bandung Ridwan Kamil dan Walikota Surabaya Tri Rismaharini. Upaya mewujudkan kota cerdas di Bandung dengan memberikan layanan akses internet di taman-taman kota, mencanangkan kartu pintar tarif transportasi umum, maupun dengan mendirikan comment centre.

“Begitu juga Surabaya berhasil melibatkan partisipasi masyarakatnya dari awal untuk menjadikan kotanya sebagai Smart City sehingga kesetaraan warga, pemerintah, swasta, dan akademisi mampu menciptakan kota yang lestari,” imbuh Imam.

Imam optimistis, smart city tidak hanya faktor siapa kepala daerahnya, tapi ada sekitar 112 kabupaten/kota yang sedang mengembangkan program kota hijau (green city). “Smart City, Green City, Eco City, dan lainnya hanya sebuah atribut untuk simplifikasi perwujudan kota yang berkelanjutan dengan partisipasi semua pihak,” tutup Imam.

Sementara pengamat perkotaan Wicaksono Saroso menegaskan bahwa kota adalah cerminan dari masyarakatnya. “Jika ingin menjadi kota cerdas maka masyarakatnya juga harus cerdas, percuma saja jika sudah banyak diterapkan teknologi tapi masih ditemukan perilaku masyarak menerobos lampu merah, buang sampah sembarangan, dan lainnya,” ujar Wicak. (bcr)

sumber: http://www.pu.go.id/main/view/10068

Supporting Publication

   
           
 
   

Creative Partner

         
           
           

Knowledge Partner Forum

       
           
           

Official Ride-Sharing App

 

Incorporating with

Indo Water Expo & Forum

Water, Wastewater and Recycling Technology

Indo Waste Expo & Forum

Waste Technology and Solution

Indo Renergy Expo & Forum

New Energy and Renewable Energy

Indo Firex Expo & Forum

Fire Protection, Rescue, Safety & Health

Show Information

Venue:
Jakarta Convention Center, Indonesia

Exhibition Hours:
Wed, 12 July : 10.00-18.00
Thu, 13 July  : 10.00-18.00
Fri, 14 July    : 10.00-17.30

Who's Online

We have 12 guests and no members online