Indonesia Smart City Forum 2017

Indonesia Smart City Forum 2017

Malang Serius Kukuhkan Diri Sebagai Smart City

Bisnis.com, MALANG—Kota Malang serus mengukuhkan diri menuju smart city dengan memperkuat database kependudukan.

Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Malang Farid Wahyudi mengatakan untuk menuju smart city maka satuan kerja perangkat daerah (SKPD) harus memahami konsep tersebut.

“Karena itulah, kami beraudiensi dengan tim Smart City/Community Innovation Center (SCCIC) Institut Teknologi Bandung (ITB) dalam rangka penerapan konsep Smart City,” ujarnya di Malang, Kamis (30/7/2015)

 Tim SCCIC ITB dalam papartannya menjelaskan bahwa konsep smart city memiliki agenda untuk memperkuat manajemen perkotaan melalui penggunaan teknologi informasi dan komunikasi.

Dengan begitu, maka pemerintah kota untuk merasakan, memahami serta menindaklanjuti berbagai aspek yang berjalan di kota dengan lebih efektif dan efisien.

Ada tiga hal yang diperlukan untuk membangun smart city, yakni people sebagai pengambil keputusan, process merupakan tata kelola dan peraturan yang diperlukan berupa data dan aspek-aspek sebelum pengambialn keputusan, dan teknologi digunakan untuk mengimplementasikan dan mengoptimalkan penggunaannya dalam mengatasi setiap masalah.

Smart city memiliki banyak produk dan inovasi yang dapat digunakan seperti: smart system platform,smart health,smart lightning,smart transport,smart energy,smart building,smart parking, smart education, dan smart environment.

Dengan menggunakan smart lightning petugas tidak perlu melakukan pegawasan langsung ke setiap penerangan jalan hanya perlu menggunakan aplikasi dan sensor untuk mengawasi setiap penerangan jalan.

Penggunaan smart system platform yang dapat diimplementasikan sebagai Operation/Situation Room juga menarik diterapkan di Kota Malang.

Selain itu, untuk mewujudkan konsep smart city yang sebenarnya diperlukan database kependudukan yanbg baik. Hal ini akan menjadi tantangan sendiri karena database kependudukan meupakan data yang sangat rahasia.

Untuk mendapatkan database kependudukan harus mampu mencari celah dan bekerjasama dengan Kementrian Dalam Negeri yang tentunya hal tersebut bukanlah hal yang mudah.

sumber: http://surabaya.bisnis.com/read/20150730/4/82328/malang-serius-kukuhkan-diri-sebagai-smart-city?utm_source=dlvr.it&utm_medium=twitter&dlvrit=1252155

Who's Online

We have 17 guests and no members online

Contact Us

PT Napindo Media Ashatama

Jl. Kelapa Sawit XIV Blok M1 No.10
Komplek Billy Moon Pondok Kelapa

Jakarta 13450, Indonesia

Tel: +6221 8650963, 8644756
Fax: +6221 8650963

© 2017 Indonesia International Smart City Expo & Forum. All Rights Reserved. Organised By PT Napindo Media Ashatama