Menteri LHK: Ibu Kota Baru Dibangun dengan Konsep 'Smart and Forest City'

Bisnis.com, PENAJAM PASER – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar mengungkapkan pesan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada jajaran Kementerian LHK bahwa membangun Ibu Kota Negara (IKN), nantinya didesain menggunakan konsep kota cerdas (smart city) dan forest city atau bush capital, harus sekaligus dengan pemulihan dan perlindungan lingkungan.

Penegasan Siti tersebut dikemukakan usai mendampingi Presiden Jokowi meninjau lokasi Ibu Kota Negara yang berada di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan di sebagian Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Selasa (17/12/2019).

Upaya Tangsel Jadi Smart City pada 2021

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) manargetkan Tangsel menjadi kota pintar atau smart city tahun 2021. Hal itu diperlukan untuk memperbaharui dan meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.

Untuk mewujudkan hal tersebut Pemkot Tangsel telah membangun aplikasi di hampir setiap dinas yang terintegrasi dan memudahkan pelayanan terhadap masyarakat. Salah satunya aplikasi pengaduan masyarakat bernama Sistem Aplikasi Pelaporan dan Penugasan (SIARAN).

Strategi Startup Qlue Dukung Pembangunan Smart City Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia- Startup Qlue, menjadi layanan yang bekerjasama dengan instansi pemerintah maupun perusahaan swasta yang menawarkan aplikasi dalam mengatasi persoalan yang ada, dimana Qlue dimaksudkan untuk mendukung pembangunan smart city di Indonesia.

CEO & Co-Founder Qlue, Rama Raditya, menyebutkan aplikasi Qlue mampu menyediakan data yang dibutuhkan sebuah instansi atau perusahaan agar dapat segera diselesaikan. Seperti apa aplikasi Qlue ini bekerja? dan langkah apa yang dilakukan Qlue dalam menarik pengguna? Selengkapnya saksikan dialog Syarifah Rahma dengan CEO & Co-Founder Qlue, Rama Raditya dalam Profit, CNBC Indonesia (Senin, 13/01/2020)

Sumber : https://www.cnbcindonesia.com

Mengenal Konsep Kota Pintar yang Jadi Solusi Pembangunan Negara

KOMPAS.com - Konsep kota pintar (smart city) diyakini bisa menjadi solusi atas persoalan pembangunan di banyak negara.

Kota pintar didesain untuk mampu meningkatkan produktivitas manusia lewat penataan dan pengelolaan kota yang dilakukan dengan memanfaatkan teknologi informasi secara optimal dalam semua aspek.

Sinergi Menjadi Kunci dalam Pembangunan Smart City

Kota-kota dengan karakteristik yang sama bisa menggunakan satu master plan sehingga menghemat biaya dan smart city bisa diterapkan lebih cepat.

Pemerintah Indonesia dalam beberapa tahun terakhir gencar mendorong pengembangan kota-kota pintar (smart cities). Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dalam kajiannya menargetkan ada 100 kota pintar di Indonesia pada 2045 agar Indonesia bisa menjadi negara berpenghasilan tinggi atau negara maju.

Page 1 of 6

Official Legal Partner

 

Contact Us

PT Napindo Media Ashatama

 

Exhibition Hours    
Jl. Kelapa Sawit XIV Blok M1 No.10   Tue, 9 June  :  10.00-18.00
Komplek Billy Moon Pondok Kelapa   Wed, 10 June  : 10.00-18.00
Jakarta 13450, Indonesia   Thu, 11 June  : 10.00-17.30
         
Tel : +6221 8650963, 8644756   Venue:    
Fax: +6221 8650963   Grand City Convex    
    Surabaya - Indonesia    

 

© 2017 Indonesia International Smart City Expo & Forum. All Rights Reserved. Organised By PT Napindo Media Ashatama