Kemendagri berencana jadikan Badung percontohan percepatan smart city

7 April 2021

"Pemkab Badung sudah melakukan perkembangan smart city"

Badung (ANTARA) - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) berencana menjadikan Kabupaten Badung, Bali sebagai pilot project atau percontohan percepatan pelaksanaan smart city di Indonesia.

Menteri LHK: Ibu Kota Baru Dibangun dengan Konsep 'Smart and Forest City'

Bisnis.com, PENAJAM PASER – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar mengungkapkan pesan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada jajaran Kementerian LHK bahwa membangun Ibu Kota Negara (IKN), nantinya didesain menggunakan konsep kota cerdas (smart city) dan forest city atau bush capital, harus sekaligus dengan pemulihan dan perlindungan lingkungan.

Penegasan Siti tersebut dikemukakan usai mendampingi Presiden Jokowi meninjau lokasi Ibu Kota Negara yang berada di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan di sebagian Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Selasa (17/12/2019).

Strategi Startup Qlue Dukung Pembangunan Smart City Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia- Startup Qlue, menjadi layanan yang bekerjasama dengan instansi pemerintah maupun perusahaan swasta yang menawarkan aplikasi dalam mengatasi persoalan yang ada, dimana Qlue dimaksudkan untuk mendukung pembangunan smart city di Indonesia.

CEO & Co-Founder Qlue, Rama Raditya, menyebutkan aplikasi Qlue mampu menyediakan data yang dibutuhkan sebuah instansi atau perusahaan agar dapat segera diselesaikan. Seperti apa aplikasi Qlue ini bekerja? dan langkah apa yang dilakukan Qlue dalam menarik pengguna? Selengkapnya saksikan dialog Syarifah Rahma dengan CEO & Co-Founder Qlue, Rama Raditya dalam Profit, CNBC Indonesia (Senin, 13/01/2020)

Sumber : https://www.cnbcindonesia.com

Kemendagri Bersama Napindo Siap Gelar ITE 2021

6 April 2021

JAKARTA - Direktorat Kawasan, Perkotaan dan Batas Negara Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri bersama PT. Napindo Media Ashatama, menyelenggarakan Rapat Persiapan dan Koordinasi Integrated Technology Event (ITE) 2021 pada hari Jumat, 26 Maret 2021, secara hybrid.

Upaya Tangsel Jadi Smart City pada 2021

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) manargetkan Tangsel menjadi kota pintar atau smart city tahun 2021. Hal itu diperlukan untuk memperbaharui dan meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.

Untuk mewujudkan hal tersebut Pemkot Tangsel telah membangun aplikasi di hampir setiap dinas yang terintegrasi dan memudahkan pelayanan terhadap masyarakat. Salah satunya aplikasi pengaduan masyarakat bernama Sistem Aplikasi Pelaporan dan Penugasan (SIARAN).

Sinergi Menjadi Kunci dalam Pembangunan Smart City

Kota-kota dengan karakteristik yang sama bisa menggunakan satu master plan sehingga menghemat biaya dan smart city bisa diterapkan lebih cepat.

Pemerintah Indonesia dalam beberapa tahun terakhir gencar mendorong pengembangan kota-kota pintar (smart cities). Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dalam kajiannya menargetkan ada 100 kota pintar di Indonesia pada 2045 agar Indonesia bisa menjadi negara berpenghasilan tinggi atau negara maju.

Jaringan 100% Fiber Optic, Kabupaten Magelang Siap Jadi Smart City

Jakarta - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) kembali melakukan modernisasi jaringan 100% full fiber sebagai wujud komitmen untuk mempercepat digitalisasi di seluruh Ibu Kota Kabupaten (IKK) di Indonesia.

Melalui layanan video conference, Direktur Network & IT Solution Telkom, Zulhelfi Abidin bersama Direktur Consumer Service Telkom, Siti Choiriana meresmikan Magelang Modern Broadband City yang ditandai dengan penandatanganan prasasti digital pada Kamis (11/6/2020) kemarin.

Mengenal Konsep Kota Pintar yang Jadi Solusi Pembangunan Negara

KOMPAS.com - Konsep kota pintar (smart city) diyakini bisa menjadi solusi atas persoalan pembangunan di banyak negara.

Kota pintar didesain untuk mampu meningkatkan produktivitas manusia lewat penataan dan pengelolaan kota yang dilakukan dengan memanfaatkan teknologi informasi secara optimal dalam semua aspek.

What lies ahead of Indonesia’s 100 smart cities movement?

The rapid transition of Indonesia from a rural to an urban economy has served as one of the benchmarks for the tremendous growth potential of the country, while at the same time emphasizing the many challenges it needs to face.

According to World Bank, nearly 70 percent of the country's population are expected to live in cities by 2045. Creative approaches must be built by the public and private sectors to allow people to benefit from this rapid shift, so as not to continue to allow them to succumb to traffic congestion, pollution and disasters arising from a lack of sustainable development in the country’s existing cities.

Page 1 of 4

© 2020 Indonesia International Smart City Expo & Forum. All Rights Reserved. Organised By PT Napindo Media Ashatama