News Update

Mengenal Konsep Kota Pintar yang Jadi Solusi Pembangunan Negara

KOMPAS.com - Konsep kota pintar (smart city) diyakini bisa menjadi solusi atas persoalan pembangunan di banyak negara.

Kota pintar didesain untuk mampu meningkatkan produktivitas manusia lewat penataan dan pengelolaan kota yang dilakukan dengan memanfaatkan teknologi informasi secara optimal dalam semua aspek.

Disampaikan oleh Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Laksana Tri Handoko, singkatnya kota pintar dikembangkan menjadi mesin ekonomi dan produktivitas yang pada akhrinya menjadikan masyarakatnya sehat, produktif, dan sejahtera.

“Kota pintar bisa terwujud dengan adanya dukungan pembangunan infrastruktur, teknologi, budaya, dan lainnya,” kata Handoko dalam acara Indonesia Science Expo di BSD Serpong, Rabu (23/10/2019).

Handoko mengatakan, kota pintar saat ini bukan lagi sebuah pilihan tapi sudah menjadi keharusan dalam mengantisipasi dan menyelesaikan permasalahan secara cepat dan tepat untuk melayani masyarakat.

“Integrasi antarlayanan satu dengan lainnya akan memudahkan masyarakat mengurus kebutuhannya sebagai penduduk ataupun warga negara,” ujarnya.

Dipaparkan oleh Handoko, ada lima elemen yang membangun kota pintar (smart city), yakni smart people smart living smart environment smart economy, dan smart governance

"Kelima aspek tersebut harus terintegrasi satu dengan yang lainnya dengan baik melalui sistem informasi dan teknologi untuk mempercepat proses pelayanan terhadap masyarakat memberikan pelayanan terbaik, baik kebutuhan dasar dan lainnya,” ungkapnya.

Menurut Handoko, teknologi memang salah satu elemen penting lainnya yang tidak bisa dikesampingkan untuk mewujudkan smart city, tapi teknologi bukan tolak ukur mutlak.

“Tolak ukur lainnya adalah bagaimana output dari setiap program yang dilakukan. Bukan hanya barang atau aplikasi, melainkan kegiatan atau sistem pelayanan yang output-nya itu inovatif,” kata dia.

 

Sumber : https://sains.kompas.com/read/2019/10/24/

Official Legal Partner

 

Exhibition Hours

PT Napindo Media Ashatama

 

Save Time    
Tel : +6221 8650963, 8644756   Wed, 21 July  :  10.00-18.00
Fax: +6221 8650963   Thu, 22 July  : 10.00-18.00
    Fri, 23 July  : 10.00-17.30
Venue:        
Jakarta Convention Center (JCC)        
Jakarta - Indonesia        
         

 

© 2020 Indonesia International Smart City Expo & Forum. All Rights Reserved. Organised By PT Napindo Media Ashatama